Dusun Balitung berada di Desa Pelepak Putih Kecamatan Sijuk 38 Km dari Kota Tanjungpandan. Penduduk yang tinggal di dusun ini merupakan warga transmigrasi Bali. Seiring dengan berjalannya waktu, tempat beserta warganya telah mewarnai daya tarik wisata, khususnya keberagaman seni budaya di Kabupaten Belitung. Warganya yang bersahaja dan ramah lalu cepat membaur dengan penduduk pribumi hal inimerupakan modal utama yang dibutuhkan Pemerintah Kabupaten Belitung sebagai syarat tumbuh dan berkembangnya destinasi wisata di wilayah Kecamatan Sijuk ini. Karena penduduknya mayoritas beragama Hindu, maka tradisi dan adat istiadat yang berlaku tentu banyak dipengaruhi oleh napas Kehidupan Hindu. Hal ini tampak dalam berbagai kegiatan di masyarakatnya, seperti memperingati upacara-upacara adat, Hari Raya Galungan, Hari Raya Nyepi, Kuningan, Saraswati dan hari keagamaan lainnnya.

Kehidupan budaya masyarakat  dan pola penataan pemukimannya masih tetap melestarikan budaya dan arsitektur tradisional, kental dengan konsep dewata dan identik dengan daerah asalnya Bali seperti bentuk bangunan rumah, pure-pure yang tertata apik serta kehidupan berkesenian yang tak dapat lepas dari warganya.

Objek Wisata Budaya lainnya



Museum Pemkab Belitung

Lokasi beralamat jalan Melati Tanjungpandan. Museum ini semula bernama Museum Geologi khusus menyimpan berbagai jenis bebatuan serta maket-maket yang menggambarkan sejarah perjalanan eksplorasi penambangan timah baik yang dikerjakan secara tradisional sampai menggunakan perangkat modern. Semuanya masih tersimpan dengan rapi. Museum ini dibangun atas prakarsa DR.Osberger seorang ahli geolagi...
 



Nirok Nanggok

Merupakan acara penangkapan ikan secara masal yang masih dilaksanakan oleh masyarakat Desa Kembiri di bagian Selatan Pulau Belitung. Acara ini hanya diadakan pada musim kemarau panjang antara bulan September s.d Oktober. Alat yang digunakan berupa "Tirok dan Tanggok"

Tirok : Sebuah tongkat kayu yang dibagian pangkalnya dipasang mata tombak tanpa penyangga (ruit) terbuat...
 



Begubang

Begubang adalah kesenian khas Belitung biasanya ditampilkan dalam sebuah upacara perkawinan atau syukuran dengan 2 atau 3 orang pemain, sambil memukul gendang melantunkan pantun nasehat yang saling berkaitan satu sama lainnya, sedangkan para pelaku menari-nari dengan menggunakan sehelai selendang di depan para pemain dan hadirin. Tarian berakhir ketika sang lawan penari memasukkan uang logam...
 



Desa Balitung

 

Media

Lagu Daerah Belitong

mp3 player demo container

Get Adobe Flash player

Video Galeri