Senin, 5 Februari 2018 00:00

STAR PARTY GERHANA BULAN TOTAL DI LANGIT GEOPARK NASIONAL BELITONG

 

Setelah peresmian Pulau Belitung sebagai Geopark Nasional yang diresmikan di Hotel Santika Premiere Beach Resort Belitung pada hari Jumat, 24 November 2017 yang lalu, Badan Pengelola Geopark Nasional Pulau Belitong terus antusias dalam mempromosikan Geopark Belitong dengan berbagai ide kreatif dengan memanfaatkan moment penting yang ada.

Salah satu moment penting yang spesial yang tidak dilewatkan oleh Badan Pengelola Geopark Nasional Belitung adalah momentum  31 Januari 2018 yang menjadi momentum langka yang diidentifiaksi oleh NASA dimana tiga fenomena  berupa supermoon, blue moon dan gerhana bulan total terjadi bersamaan. Peristiwa ini dinanti banyak orang di seluruh dunia karena memang menjanjikan penampakan bulan yang indah. Oleh karena itu, Badan Pengelola Geopark Pulau Belitung memanfaatkan moment special ini dengan menggelar Star Party Gerhana Bulan Total di Langit Geopark Nasional Belitung di  Pantai Nyiur Melambai, Desa Lalang, Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur yang merupakan  salah satu spot terbaik untuk mengamati keindahan gerhana bulan.

Acara ini didukung oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten Belitung, Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Alumni ITB Putra – Putri Belitung Angkatan Tahun 1981 dan disponsori oleh Bank Sumsel. Disamping diramaikan para pengunjung, Star party ini juga turut diramaikan oleh siswa-siswi SLTA yang tergabung dalam 8 kelompok yang melakukan pengamatan gerhana bulan bersama dengan para pengunjung dengan menggunakan teropong. Adapun kelompok siswa tersebut berasal dari SMAN 1 Manggar,  SMAN 1 Kelapa Kampit, SMAN 1 Gantung, SMAN 1 Damar, SMAN 1 Tanjungpandan, SMAN 2 Tanjungpandan, MAN Tanjungpandan dan SMAN 1 Membalong. Sebelum melakukan pengamatan, para pengunjung termasuk seluruh siwa-siswi diberikan pemahaman terlebih dahulu  tentang Gerhana Bulan oleh Bapak Dr. Chatief Kunjaya  dan disertai juga shalat berjamaah gerhana bulan .

Fenomena – fenomena alam langka seperti ini kedepannya diharapkan bisa dikemas dan dijual sebagai paket wisata yang dapat menarik para wisatawan khususnya  wisatawan yang memiliki minat khusus dalam memperhatikan fenomena alam. Para pelaku wisata Belitung harus makin cerdas dalam menyusun paket – paket wisata jitu kedepannya karena Belitung saat ini kian menggugah perhatian dunia dengan keindahan dan keajaiban alamnya, secara khusus kian menjadi surga bagi pecinta wisata geoparknya.

 Penulis : Yeni Okto Sundary Dabukke

Sumber:


Kirim Komentar

Nama
Komentar
Security Code