Senin, 12 Februari 2018 00:00

Komunitas HKM Mangrove Desa Wisata Terong Menjalin Kerja Sama Pembibitan Kepiting Bakau

Seperti kita ketahui bahwa Desa Wisata Kreatif Terong memiliki beberapa komunitas dalam menggerakan laju pertambahan pengunjung ke desa mereka seperti Komunitas Tani Agrowisata Aik Pok, Komunitas Bukit Tebalu Simpor Laki, Komunitas Seni dan Budaya dan Komunitas HKM Mangrove.

 Komunitas HKM Mangrove ini berisi anak-anak muda kreatif yang mempunyai visi kedepan untuk sama-sama tumbuh dan berkembang guna memajukan pariwisata di Kabupaten Belitung dan di desa mereka yaitu Desa Wisata Kreatif Terong. Paket wisata yang telah ditawarkan oleh komunitas ini diantaranya adalah wisata ngeremis, wisata malam seperti wisata nyulo, mukat dan nyungkor yaitu aktifitas masyarakat setempat dalam  mencari udang, ikan dan kepiting yang dilakukan pada malam hari dengan menggunakan alat tangkap tradisional dan penerangan yang tradisional pula.

Untuk program terbaru dari komunitas yang menamakan diri mereka Pemuda Nelayan Pecinta Alam Terong (PNPAT) ini  adalah menjalin kerja sama dengan seorang investor yang bernama Peter dari PT. Sarana Hatchery Abadi untuk pembibitan kepiting bakau dengan menggunakan area hutan mangrove seluas 205 hektar yang berada di desa tersebut. Setelah program ini berhasil nantinya diharapkan bisa menjadi atraksi baru yang bisa dijadikan paket wisata andalan yang mengajak para wisatawan untuk terjun langsung  menangkap kepiting bakau yang nantinya bisa ditawarkan kepada para wisatawan. Khusus untuk pembuatan tracking mangrove itu sendiri akan dilaksanakan pada tahun ini hal ini karena status hutan mangrove Desa Terong masuk dalam kawasan hutan lindung pantai (HLP) yang memerlukan izin khusus dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia dan telah diverifikasi pada tanggal 22 Februari 2017 dalam arti perizinan secara resmi sudah siap dikeluarkan sehingga rencana pembuatan tracking mangrove tersebut bebas dari kendala dikemudian hari. (penulis : asef amiruddin,A.Md)

Sumber:


Komentar Berita

Kirim Komentar

Nama
Komentar
Security Code