Rabu, 14 Februari 2018 00:00

PELATIHAN SERTIFIKASI KOMPETENSI SDM PARIWISATA KABUPATEN BELITUNG

 

Bertempat di Hotel Billiton Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, kegiatan Pendidikan, Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi SDM Pariwisata berjalan lancar. Kegiatan yang akan diadakan mulai dari tanggal 05 s.d 09 Februari ini menyerap 200 orang peserta yang berasal dari Desa/Kecamatan, HPI, ISPB dan Lulusan SMK Pariwisata yang ada di Kabupaten Belitung.

Kegiatan yang dimotori oleh Kementerian Pariwisata RI Melalui Asdep Pengembangan SDM Pariwisata dan Hubungan antar Lembaga ini merupakan Pilot Project dari rencana kegiatan kementrian untuk mengembangkan SDM di bidang pariwisata di sepuluh Kawasan Strategis Pariwisata Nasional.

Bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung serta Politeknik Pariwisata Darma Ganesha, acara ini nantinya merupakan rangkaian yang sinergi antara pelatihan, magang dan uji kompetensi. Beberapa bidang yang akan menjadi materi pembelajaran adalah sektor Pemandu Wisata, restoran dan Perhotelan. Tiga sektor ini merupakan sektor penting dalam industri pariwisata yang berkembang di Kabupaten Belitung, dilihat dari pertumbuhan hotel-hotel kelas internasional seperti JW Marriot, Santika Grup, dll.

Melalui kegiatan ini diharapkan SDM pariwisata yang telah dibina dapat memberikan pelayanan terbaik kepada wisatawan. Proses pembelajaran yang mengedepankan hospitality menjadi kunci keberhasilan pariwisata di suatu daerah. Para peserta yang telah mengikuti pelatihan nantinya akan melewati tahap terakhir yaitu uji kompetensi. Bagi peserta yang berhasil akan mendapatkan sertifikat. Sertifikat tersebut yang menjadi bukti tertulis bahwa SDM tersebut layak dan mumpuni bekerja di bidangnya.(Nitha Yusista)

Sumber:


Komentar Berita

Kirim Komentar

Nama
Komentar
Security Code