Rabu, 11 April 2018 00:00

Workshop Pariwisata Berbasis Masyarakat Perencanaan Desa Wisata Dengan Metode Partisipatory

Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung pada tanggal 3 – 5 April 2018 bertempat di Kantor Desa Selat Nasik mengadakan Workshop Pariwisata Berbasis Masyarakat Perencanaan Desa Wisata Dengan Metode Partisipatory. Workshop yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Ibu Dra.Zullia Sri Mustika ini di ikuti oleh sebanyak 30 (tiga puluh) orang peserta dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Langer Permai Desa Selat Nasik dan Pokdarwis Akar Petaling Desa Petaling Kecamatan Selat Nasik.

Febriansyah,S.STP selaku Camat Selat Nasik pada kesempatan ini juga memberikan sedikit arahan kepada para peserta workshop agar bisa menyerap dan menerima ilmu yang diberikan oleh para narasumber yang telah dihadirkan agar bisa bermanfaat kedepannya dalam mengolah dan membangun desa mereka. 

Pada workshop yang dilaksanakan selama tiga hari ini Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung menghadirkan  narasumber yang didatangkan langsung dari Yayasan Desa Wisata Nusantara, pengelola Kampoeng Mataraman yaitu Bapak Muhamad Pandji Kusuma yang  mengajarkan para peserta tentang perencanaan desa wisata dengan metode partisipatory yaitu model pembelajaran yang memberikan kebebasan untuk berekspresi sesuai minat dan bakat, dalam metode pembelajaran ini juga diharapkan peserta dapat menempatkan dirinya dalam suatu peran yang aktif dalam pembelajaran.

Selain Bapak Pandji, pada kesempatan ini juga dihadirkan narasumber lokal dari Pokdarwis Pagal Piling yaitu Suherman dan pengelola Homestay Bapak Jumhadi yang keduanya tahun lalu berhasil mendapatkan penghargaan sebagai juara 3 kategori Pokdarwis berkembang dan juara 3 Homestay tingkat nasional. Diharapkan dengan dihadirkannya mereka bisa memicu semangat kepada para peserta workshop untuk lebih maju dan lebih berkembang.

 (penulis : asef amiruddin,A.Md)

Sumber:


Kirim Komentar

Nama
Komentar
Security Code