Jum'at, 13 April 2018 00:00

Hutan Mangrove Petaling

Pulau Mendanau berada di Kecamatan Selat Nasik yang merupakan salah satu dari lima kecamatan yang berada di Kabupaten Belitung. Lokasi kecamatan ini terletak ± 50 km sebelah barat kota Tanjungpandan sebagai ibukota Kabupaten Belitung. Disebelah utara berbatasan dengan Laut Natuna, sebelah barat dengan Selat Gaspar, disebelah timur dengan Kecamatan Badau dan sebelah selatan dengan Laut Jawa. Wilayah Kecamatan Selat Nasik merupakan kepulauan yang terdiri dari 26 pulau besar dan kecil. Secara administratif, Kecamatan Selat Nasik terdiri dari empat desa yaitu Desa Selat Nasik, sebagai ibukota kecamatan, Petaling, Suak Gual yang terletak di Pulau Mendanau dan Desa Gersik yang terletak di Pulau Gersik.

Kecamatan Selat Nasik memiliki potensi mangrove yang sangat luar biasa. Berdasarkan hasil citra satelit yang diolah oleh Pusat Penelitian Oseanografi LIPI (Sjafrie, 2007) luas hutan mangrove di Kecamatan Selat Nasik adalah 5139,372 hektar dan masih tergolong dalam kondisi sangat baik. Sedangkan untuk penyebarannya sendiri terdapat di 3 desa yaitu Desa Selat Nasik, Desa Petaling dan Desa Suak Gual sedangkan untuk Desa Gersik sendiri tidak terdapat mangrove. Untuk Desa Selat Nasik terdapat sekitar 1147,020 ha, Desa Suak Gual terdapat sekitar 656,421 ha dan untuk Desa Petaling merupakan penyebaran mangrove terbesar yaitu sekitar 3335,931 ha.

Pemerintah Desa Petaling sendiri saat ini juga telah mengupayakan pembenahan dikawasan hutan mangrove dengan memperbaiki dan menambah fasilitas pendukung sehingga kawasan hutan mangrove  Desa Petaling bisa dijadikan salah satu objek wisata. Salah satu fasilitas yang telah tersedia yaitu tracking permanen sepanjang kurang lebih 300 meter yang nantinya akan ditambah panjangnya dan juga shelter di kawasan tracking mangrove tersebut.

 (penulis : asef amiruddin,A.Md)

Sumber:


Kirim Komentar

Nama
Komentar
Security Code