Senin, 7 Mei 2018 00:00

Pemberdayaan Masyarakat di Destinasi Pariwisata

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengadakan Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat di Destinasi Pariwisata dengan mengusung tema Peranan Desa Wisata Dalam Pembangunan Kepariwisataan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Acara yang diselenggarakan pada Rabu tanggal 02 Mei 2018 di Puncak Hotel Tanjungpandan ini diikuti oleh sebanyak 40 (empat puluh) peserta yang berasal diantaranya dari Komunitas Pariwisata, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), HKm yang terdapat di Kabupaten Belitung.

Kegiatan yang dilaksanakan selama satu hari ini dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Bapak Ir. Hermanto. Dalam kesempatan ini beliau menyatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah baik pusat maupun daerah ini bukan semata mata tentang materi yang disampaikan melainkan lebih dari itu sebagai ajang silahturahmi diantara sesama para pelaku pariwisata sehingga bisa saling bertukar pikiran dan berbagi ide maupun gagasan guna kemajuan perkembangan kepariwisataan di Kabupaten Belitung. Selain itu juga beliau tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung karena telah menginisiasi kegiatan ini untuk mengembangkan kapasitas masyarakat di destinasi pariwisata Belitung.

Hadir pula sebagai narasumber yaitu Bapak Iswandi yang merupakan Ketua Kelompok Desa Wisata Kreatif Terong. Dalam kesempatan ini beliau memaparkan tentang kegiatan dan kemajuan yang telah dilaksanakan oleh Desa Wisata Kreatif Terong. Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat di Destinasi Pariwisata ditutup oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Bapak Drs.Rivai. Dalam sambutan penutupan beliau menyatakan bahwa pembangunan memiliki dua unsur yaitu pembangunan fisik dan non fisik. Untuk pembangunan non fisik seperti SDM dan kelembagaan sangat membutuhkan waktu sedikit agak lama dan perlu berkelanjutan, dan diperlukan penanganan khusus pada satu elemen di destinasi pariwisata salah satunya yaitu desa wisata, karena pada akhirnya masyarakatlah yang memilik kedudukan paling penting dalam pembangunan pariwisata di sebuah daerah wisata.

Penulis :Asef Amiruddin,A.Md

Sumber:


Kirim Komentar

Nama
Komentar
Security Code