Rabu, 4 Juli 2018 00:00

Ikan Khas Belitung Ini Tembus Harga Fantastis Di Bulan Ramadhan dan Pasca Lebaran

 

Ikan apalagi kalau bukan Ikan Ilak /Bermuda Chub (Kyphosus sectarix). Ikan inilah yang paling diburu wisatawan saat berlibur ke Belitung. Di masak gangan, di bakar bumbu, pokoknya mantap. Harganya memang terbilang mahal, sebanyak-banyaknya ikan ini di pasaran, paling murah harganya Rp.80.000-Rp.90.000,- perkilo dihari-hari biasa. Bagaimana dengan dibulan Ramadhan? Harga perkilo ikan Ilak mampu menembus angka Rp. 150.000- Rp.160.000,- . Sedangkan di hari libur lebaran (1439H), harga ikan ilak ditempat wisata pada H+7 lebaran berkisar dari Rp.180.000,- s.d Rp.200.000 per kilogram. WAUU! Luar biasa.

Dengan harga setinggi itu, timbul pertanyaan, adakah pembeli? Banyak, karena satu ekor ikan Ilak beratnya berkisar dari 300gr-1000gram. Jika untuk konsumsi satu keluarga (4 orang) persekali makan, cukup 700 atau 800 gram. Tapi harga tidak akan menghianati rasa. Kepuasan setelah mengonsumsinya ikan super lezat ini sudah pasti kita rasakan. Berhari-hari setelah itu anda akan terkenang dengan harumnya, lemak dan pedas bumbunya.

Ikan super berharga ekspor ini habitatnya tersebar dari Samudera Hindia, Samudera Pasifik dan Samudera Atlantik. Jadi tidak heran jika ikan ini dapat ditemui hampir diseluruh lautan negara-negara di dunia. Ada banyak nama untuk ikan ini diantaranya Yellow Sea Chub, Bermuda Sea Chub, Bronze Sea Chub, Pasific Chub, Hawaiian Chub dan lainnya yang merupakan spesies Kyphosus. (ruaida)

Sumber:


Kirim Komentar

Nama
Komentar
Security Code