Kamis, 4 Oktober 2018 00:00

Selamat Hari Pariwisata Dunia Ke- 39, 27 September 2018

 

Tanggal 27 September 2018 merupakan hari paling bersejarah dalam dunia kepariwisataan yaitu Hari Pariwisata Dunia. Pertama kali ditetapkan pada tahun 1980  oleh UNWTO (United Nations World Tourism), sebuah badan dunia yang menginduk pada PBB mengenai/mengurusi pariwisata dan bermarkas di Madrid, Spanyol. Tanggal 27 September merupakan hari pertama kalinya UNWTO merancang Anggaran Dasar pada tahun 1970 yang merupakan tolok ukur pariwisata dunia ketika itu.

Hari Pariwisata Dunia selalu diperingati setiap tahunnya oleh negara-negara anggota UNWTO dengan tema berbeda-beda. Tujuan utamanya adalah mendorong kesadaran masyarakat internasional akan pentingnya dampak pariwisata terhadap nilai budaya, sosial, ekonomi, politik serta lingkungan, serta pentingnya untuk terus memberikan kesadaran tentang pariwisata sebagai kontributor dalam mencapai tujuan pembangunan yang berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Berikut 10 negara penyelenggara Hari Pariwisata Dunia dalam 1 dasawarsa terakhir. Tahun 2008, Peru dengan tema Tourism Responding To The Challenge Of Climate Change and Global Warming. Tahun 2009, Ghana, bertema Tourism, Celebrating Diversity. Tahun 2010, di selenggarakan di China dengan tema Tourism & Biodiversity. Pada tahun 2011 di Egypt (Mesir) dan tema yang diangkat kala itu adalah Tourism Linking Cultures. Sedangkan pada tahun 2012 diadakan di Spanyol dengan tema Tourism and Energetic Sustainability.

Pada tahun 2013, Hari Pariwisata Dunia ke-34 diselenggarakan di Maldives dan tema yang diusung yaitu Tourism and Water: Protecting Our Common Future. Tahun 2014 di Mexico temanya adalah Tourism and Community Development dan pada tahun 2015 diselenggarakan kembali di negara Burkina Faso, sebuah negara kecil di Afrika Barat yang awalnya bernama Volta Hulu. Nama Volta Hulu diganti dengan Burkina Faso oleh presiden mereka ketika itu, Thomas Sankara (1983-1987) yang berarti “Negara Orang Jujur”. Tema yang diangkat adalah Millions of Tourists, Millions of Opportunities. Sedangkan pada tahun 2016 diselenggarakan di Thailand temanya adalah Tourism For All,  Promoting Universal Accessibility dan tahun kemarin, 2017, diadakan di Qatar dengan tema Sustainable Tourism, A Tool For Development. 

Tahun ini, 2018, peringatan Hari Pariwisata Dunia akan diselenggarakan di Hungary (Hongaria) dan tema yang diangkat adalah Tourism and The Digital Transformation dan tahun depan akan dilaksanakan di India dengan tema Tourism and Jobs, A Better Future For All. Lalu, kapankah Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggara Hari Pariwisata Dunia berikutnya? Wah, semoga segera ya,  karena yang menentukan negara penyelenggara adalah Majelis Utama UNWTO.

Sekali lagi, Selamat Hari Pariwisata Dunia, Salam Wonderful Indonesia, Salam WAUU Belitong! (ruaida)

Sumber:


Kirim Komentar

Nama
Komentar
Security Code