Senin, 11 Mei 2020 00:00

Pandemi Corona Bikin Anjlok Okupansi Hotel Di Belitung

Sampai dengan akhir bulan April 2020, Pandemi Covid19 di Indonesia masih menjadi momok menakutkan bagi industri pariwisata nasional khususnya Belitung. Pariwisata yang notabene merangkul semua sektor adalah yang paling terpuruk dihantam Covid19 ini. Pembatasan penerbangan oleh maskapai, pemberlakuan PSBB, himbauan Social Distancing dan menghindari kerumunan/keramaian berbuntut panjang mulai dari perubahan jadwal kerja karyawan, pemberhentian hingga menutup sementara usaha hingga batas waktu yang tidak ditentukan.
Tahun lalu (2019), dunia pariwisata sudah kewalahan dihajar harga tiket mahal. Ditambah dengan bagasi berbayar dan penutupan beberapa jalur penerbangan domestik dan internasional karena merugi, dampak Pandemi Covid19 ini jauh lebih dahsyat. Lebih dari 200 negara didunia mengkonfirmasi positif terkena virus ini dan sampai saat ini masih berlangsung. 
Industri pariwisata terutama perhotelan jelas terdampak, khususnya hotel-hotel di Belitung. Setidaknya ada 50 an hotel mulai dari bintang 4 hingga non bintang tak luput dari terjangan virus yang ditularkan melalui droplet (cairan dahak) ini. Sebagian besar pihak hotel sudah menutup operasional mereka per tanggal 1 April 2020 bahkan ada yang mulai tutup di pertengahan bulan Maret 2020. Okupansi hotel di Indonesia mengalami penurunan drastis di triwulan I 2020 yang bergerak di angka 0-8% (beritasatu.com) sedangkan Belitung berkisar dari 2%-5 % saja.
Semoga Pandemi Covid19 segera berakhir dan pariwisata kembali menggeliat. Amiin.(ruai)
Sumber:


Kirim Komentar

Nama
Komentar
Security Code