Senin, 11 Mei 2020 00:00

Tips Bertahan Bagi Industri Pariwisata di tengah Terjangan Pandemi Covid19

Pandemi Covid19 tampaknya belum menunjukkan penurunan kurvanya. Hingga tanggal 12 Mei 2019, seperti yang dilansir Kompas.com, virus ini  sudah menginfeksi 4,2 juta orang didunia dan 14.265 orang di Indonesia. Hampir 5 bulan berlalu, virus ini terus memakan korban dan entah kapan berhenti. Dampaknya sudah melebar kemana-mana dan industri pariwisata yang terpukul seperti hotel, restoran, ukm, dan sektor jasa pariwisata lainnya sementara kehidupan harus terus berlangsung.
Pendapatanmenurun drastis, usaha merugi dan semua gerakan seolah melambat semakin memperpuruk keadaan ekonomi masyarakat. Ditengah kondisi saat ini, mampukah kita bertahan? Berapa lama? Bagaimana caranya?. Mau tidak mau, suka tidak suka, kita harus bangkit, kita harus melawan dengan berbagai cara agar tidak semakin jatuh dalam kerugian. Berikut beberapa tips sederhana dalam upaya mempertahankan usaha/bisnis dimasa Pandemi Covid19 ini. 
1.Berikan Diskon (Potongan Harga). Potongan harga tertentu sejak dulu dipercaya menjadi magnet besar menggaet konsumer. Ditengah ekonomi sulit, diskon menjadi pilihan tepat untuk mencukupi kebutuhan mereka.
2.Komunikasi Yang Lebih Intensif. Jalinlah komunikasi yang lebih intensif dari biasanya kepada calon pembeli/calon konsumer. Mulai dari penawaran produk, distribusi dan pelayanan-pelayanan terbaik lainnya untuk calon pembeli. 
3.Jalin Kerjasama (Mitra). Mitra bisnis menjadi modal utama pengembangan usaha. Jaringan yang luas menjadi pintu untuk kita bergerak dan mengambil langkah-langkah yang tepat. 
4.Ciptakan Image Positif Produk. Keberhasilan usaha/bisnis dapat dilihat dari berapa lama usaha itu bertahan. Salah satu fantor yang mempengaruhinya adalah pertama kepuasan pelanggan atas layanan dari produk kita. Kedua adalah kegiatan amal atas nama perusahaan. Bantuan dan sebagainya yang diberikan kepada yang terdampak Covid19 akan mendapat tempat tersendiri dihati masyarakat
Semoga tips-tips ini dapat membantu kita melawan dampak Pandemi Covid19. Amiinn.(ruai)
Sumber:


Kirim Komentar

Nama
Komentar
Security Code